Minggu, 01 Juli 2012

Penyebab hancurnya bisnis server isi ulang pulsa

Apa penyebab dari hancurnya server isi ulang pulsa?

Pada tulisan terdahulu sudah banyak saya kupas, namun tak ada salahnya kita ingat ulang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan usaha server isi ulang pulsa hancur. Namun faktor utama yang menyebabkan hancur adalah kelemahan manajemen.


Lemahnya manajemen pengelolaan yang mencakup strategi pemasaran, innovasi dan kontrol sering kali membuat usaha yang diharapkan mendatangkan keuntungan malah berbuah suatu yang terasa pahit.


Banyak orang merasa acuh dengan pembukuan. Mereka banyak membuat alasan yang tidak masuk akal untuk tidak membuat pembukuan. Yah... kalau tidak membuat pembukuan sebenarnya tak masalah selama kontrol sistem masih bisa dilakukan, yaitu setidaknya memahami besaran pemasukan dan pengeluaran. Karena hanya dengan memahami besarnya pemasukan dan pengeluaran kita akan bisa melakukan penghematan atau membuat kebijakan yang lebih terarah.


Coba kembali kita ingat, berapa modal telah kita keluarkan untuk membangun bisnis server isi ulang pulsa?

Berapa lama waktu yang telah kita gunakan untuk bisa memahami sistem server isi ulang pulsa?

Dulu modal kita membangun server isi ulang pulsa darimana?


Sesekali kita perlu merenung. Membuat daftar pertanyaan untuk kita jawab dalam hati secara jujur. Kemudian kita bandingkan dengan kondisi kita saat ini, lalu kita analisa jika kita tetap dalam posisi seperti saat ini, seberapa besar dampak positive yang akan kita gapai dimasa mendatang????


Dalam bisnis server isi ulang pulsa sering kali terjadi persaingan yang tidak wajar. Sering kali kita terpancing sehingga melakukan promosi yang diluar batas kemampuan keuangan kita. Semua dilakukan dengan alasan untuk mempertahanan agen. Coba kita ingat, tujuan kita usaha bukankah untuk mencari uang. Iya kan? Bukan sekedar mencari agen saja kan?


Saran saya, mari kita biasakan untuk hidup dengan berpegang pada prinsip keseimbangan. Jika terjadi persaingan yang tidak wajar, maka kembali pada koridor keseimbangan. Jangan layani rivalitas secara berlebihan. Jangan paksakan diri untuk memberikan sistem deposit bayar tunda jika kenyataanya keuangan kita tidak mampu untuk mem-backup.


Sedikit tapi cash jauh lebih mudah diperhitungkan daripada banyak yang masih dalam angan – angan. Iya kan??? Itulah prinsip yang sesekali harus kita gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar